ProsedurOperasi Lutut

MENGAPA KLINIK ORTHOPEDI INTERNASIONAL?
Dr Alan Cheung sangat ahli dalam bedah Penggantian Sendi dengan banyak berpengalaman yang menjalani pendidikan spesialisasi bedah di London, Inggris. Dia adalah dokter yang terlatih dalam rekonstruksi sendi dan operasi lanjutan. Ia juga ahli bedah dengan menggunakan mesin komputer dan robot.

PENGGANTIAN PERSENDIAN
Total Knee Replacement (TKR) atau Penggantian menyeluruh tulang tulut adalah solusi efektif yang bisa dipertimbangkan jika mengalami nyeri lutut dan kelainan bentuk karena Osteoartritis, Rheumatoid atau Post-Traumatis Arthritis. TKR adalah salah satu operasi ortopedi yang paling umum dilakukan di seluruh dunia dan dapat menyebabkan peningkatan dramatis kualitas hidup pasien.

Dengan metode TKR, permukaan lutut yang aus diambil dan diganti dengan komponen logam atau plastik melalui sayatan di bagian depan lutut.

Pasien yang lebih muda atau mereka yang mengalami nyeri yang terlokalisir pada sendi lutut mungkin cocok untuk Penggantian Lutut Uni-kompartmental. Operasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan robot (lihat bagian Bedah Robotik di situs web).

PENYEBAB NYERI LUTUT
Osteoartritis – Tulang rawan menjadi aus karena faktor usia. Hal ini menyebabkan menipisnya tulang rawan, kekakuan lutut dan kelainan bentuk. Ini biasanya terjadi pada pasien di atas 50 tahun, tetapi dapat terjadi pada pasien yang lebih muda. Pasien yang lebih muda mungkin lebih cocok untuk Penggantian Lutut Unikompartmental.

Rheumatoid Arthritis – penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada lapisan sendi lutut (sinovitis) yang menyebabkan kerusakan sendi. Ini dapat mempengaruhi banyak sendi dan organ tubuh, dan dapat terjadi pada pasien yang lebih muda. Ini adalah bagian dari spektrum kondisi yang disebut 'Peradangan arthropathies' dan dirawat dengan bantuan Rheumatologis (Spesialis Sendi).

Post-Traumatic Arthritis – Ini dapat terjadi setelah cedera tulang rawan atau patah tulang. Seiring waktu semakin banyak tulang rawan yang hilang karena faktor usia.

APAKAH SAYA HARUS MELAKUKAN PENGGANTIAN LUTUT?
Jika sakit lutut Anda parah dan Anda mengalami kesulitan dalam berjalan, menaiki tangga, atau mengalami nyeri lutut di malam hari, Anda dapat mempertimbangkan penggantian tulang lutut menyeluruh (metode TKR) atau pergantian tulang unikompartmental (metode UKR). Anda mungkin juga memiliki lutut yang kaku atau cacat. Jika Anda telah mencoba obat penghilang rasa sakit, latihan fisioterapi dan bahkan suntikan sendi lutut (seperti suntikan steroid atau asam hialuronat) namun tidak berhasil maka penggantian sendi merupakan langkah berikutnya untuk Anda.

Pada saat konsultasi, pemeriksaan yang cermat akan dilakukan untuk menilai tingkat keparahan penyakit sendi Anda, tanpa mempertimbangkan rasa sakit dari pinggul dan tulang belakang. Anda akan melakukan ronsen lutut menyeluruh untuk menilai secara akurat tingkat kerusakan sendi. Beberapa pasien juga menjalani CT scan jika menjalani operasi dengan mesin robotik atau metode bedah lainnya. Diskusi yang cermat akan dilakukan dengan Anda mengenai resiko dan manfaat prosedur dan apa yang diharapkan dalam jangka panjang. Anda harus merasa bebas untuk mengajukan pertanyaan, dan mengungkapkan rasa takut dan kekhawatiran yang Anda miliki tentang operasi ortopedi. Silahkan bawa juga teman atau anggota keluarga dekat, karena tujuan saya adalah untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda mendapat informasi dan persiapan yang baik, dan memiliki harapan yang realistis mengenai pembedahan.

Pasien yang mengalami infeksi akan merasakan kurangnya sensasi pada sendi lutut, fungsi otot yang buruk pada otot paha mereka (paha depan), serta kondisi medis yang serius seperti penyakit pembuluh darah di kaki (penyumbatan arteri dan penyakit pembuluh darah perifer) tidak cocok untuk menjalani metode TKR atau UKR namun sebaiknya menjalani perawatan medis terlebih dahulu.

APAKAH SAYA TERLALU TUA UNTUK PENGGANTIAN LUTUT?
Saya biasanya ditanyai pertanyaan ini oleh kerabat pasien. Jawabannya adalah tidak - itu tergantung pada kesehatan umum Anda dan apa yang dapat Anda peroleh dari operasi.

Orang yang lebih tua cenderung lebih menderita karena persendian lutut yang aus dan oleh karena itu lebih membutuhkan penggantian sendi. Saya telah mengganti sendi lutut pasien yang berusia di atas 90 tahun, yang terus menikmati tahun-tahun yang tersisa tanpa rasa sakit.

Dengan pasien yang lebih muda, saya juga telah merawat pasien di usia 40-an yang mengalami cedera pada bagian lutut mereka dan telah mendapat manfaat dari penggantian lutut sebagian atau menyeluruh.

Operasi lutut dengan kondisi tertentu cocok untuk semua kelompok usia dewasa.

APA PERBEDAAN ANTARA TOTAL KNEE REPLACEMENT (TKR) DAN UNICOMPARTMENTAL KNEE REPLACMENT (UKR)?
Sendi lutut dapat dibagi menjadi tiga kompartemen - bagian dalam lutut (kompartemen medial), bagian luar lutut (kompartemen lateral) dan ruang antara tempurung lutut dan tulang paha (sendi patellofemoral).

Pasien yang cocok untuk TKR adalah yang mengalami kehilangan tulang rawan di ketiga kompartemen, memiliki kelainan bentuk yang parah, atau cedera ligamen atau penyakit radang sendi.

Pasien yang cocok untuk UKR adalah yang memiliki penyakit sendi terlokalisasi dalam satu kompartemen saja.

Kedua prosedur dapat dilakukan dengan tingkat akurasi yang sangat baik dengan menggunakan sistem robotik seperti Makoplasty, Navio atau Robodoc.

Beberapa keuntungan UKR dibanding TKR adalah sayatan yang lebih kecil, sehingga lebih sedikit kerusakan jaringan dan rasa sakit pasca operasi, lebih sedikit kehilangan darah, pemulihan lebih cepat dan kembali bekerja / berolahraga, jangkauan pergerakan pasca operasi yang lebih besar.

HARUSKAH SAYA OPERASI KEDUA LUTUT BERSAMAAN?
Bagi mereka dengan dua lutut yang aus, mengganti kedua sisi sekaligus (penggantian sendi bilateral) adalah pilihan. Operasi kedua lutut berarti proses operasi yang lebih lama, serta peningkatan resiko komplikasi. Pemulihan jadi sedikit lebih lama daripada satu lutut diganti. Namun berarti bahwa Anda tidak repot untuk mengambil cuti yang lama untuk operasi kedua dan juga tidak perlu membayar biaya rawat inap untuk operasi kedua.

SEBELUM BEDAH PENGGANTIAN LUTUT
Setelah Anda memutuskan untuk melakukan penggantian sendi lutut, Anda akan diperiksa untuk mengetahui kondisi medis, dan menjalani serangkaian tes seperti X-Ray pada dada, tes elektrokardiogram dan tes darah. Anda harus segera berhenti merokok. Anda disarankan untuk menghentikan konsumsi obat pengencer darah dan sejenis jamu herbal (yang dapat menyebabkan perdarahan) dua minggu sebelum operasi. Dokter anestesi akan menawarkan anestesi umum (anda akan dibius selama prosedur) atau anestesi tulang belakang (injeksi bius ke tulang belakang yang membuat mati rasa pada kaki). Anda tidak akan merasakan apa pun selama operasi. Pada hari operasi, untuk alasan keamanan, penting untuk puasa 8 jam sebelum prosedur.

YANG TERJADI SELAMA BEDAH

OPERASI DENGAN BUKAAN KECIL
Sebisa mungkin saya melakukan penggantian sendi melalui sayatan kecil (sekitar 10 cm atau kurang). Kasus-kasus kompleks dan operasi lanjutan mungkin tidak cocok untuk operasi bukaan kecil. Jaringan tubuh ditangani dengan sangat hati-hati selama operasi.

Selama prosedur, saya membersihkan permukaan sendi yang aus dari tulang paha (tulang paha) dan tulang kering. Dengan hati-hati saya menjahit jaringan lunak sehingga lutut stabil dalam rentang gerakan. Saya mengganti permukaan sambungan dengan implan logam (biasanya paduan kobalt, krom dan alloy) yang direkatkan ke tulang. Akhirnya, sebuah liner plastik (polietilena silang) ditempatkan di antara dua permukaan logam untuk memungkinkan gerakan yang halus dan sedikit gesekan.

Selama operasi saya menggunakan teknik yang disebut anestesi infiltrasi lokal yang dengan cara menyuntikkan anestesi lokal ke dalam jaringan yang terpotong. Metode ini dikombinasikan untuk peningkatan peluang pemulihan lebih cepat.

Saya paham bahwa rasa sakit adalah ketakutan utama pasien, dan saya melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa rasa sakit diminimalisir setelah operasi. Sebagian besar pasien saya mampu berdiri dan berjalan berjam-jam setelah operasi.

APA YANG HARUS DIHARAPKAN SETELAH PENGGANTIAN PENGGANTIAN LUTUT
Biasanya operasi penggantian lutut membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Setelah operasi, Anda akan dipindahkan ke ruang monitoring di mana Anda akan dipantau selama beberapa jam hingga kondisi anda stabil lalu dipindahkan ke ruang inap.

Tujuan saya adalah membuat pasien saya berdiri dan berjalan segera mungkin setelah operasi. Saya bekerja sama dengan kolega fisioterapi saya untuk melakukan 'Enhanced Recovery' atau protokol percepatan pemulihan, sehingga pasien mulai gerakan ringan pada hari pertama pasca-operasi. Tujuan akhirnya pasien bisa pulang 3 hari pasca operasi.

KOMPLIKASI POTENSI MENGIKUTI BEDAH
Semua prosedur bedah memiliki unsur resiko dan potensi komplikasi. Pada umumnya resikonya cukup rendah. Umumnya setelah operasi ada rasa sakit, pembengkakan, memar dan rasa kaku. Anda akan diberi obat penghilang rasa sakit. Infeksi merupakan perhatian utama (resikonya sekitar 1%) setelah penggantian sendi, dimana penanganan yang baik dilakukan selama operasi mengurangi resiko infeksi ini serta pemberian antibiotic sesudah operasi melalui infus. Kasus darah menggumpal di kaki (Deep vein thrombosis) atau di paru-paru (pulmonary embolism) jarang terjadi, dan tindakan pencegahan seperti alat mekanik untuk kaki dan/atau obat pengencer darah digunakan untuk mengurangi resiko. Anda dapat melakukan diskusi lebihmendalam dengan ahli bedah Anda mengenai potensi resiko operasi.

PEMULIHAN BERIKUT REPLACEMENT
Luka membutuhkan waktu 2 minggu untuk sembuh dan hal penting untuk tetap bersih dan kering selama periode penyembuhan. Pasien mungkin perlu menggunakan kruk atau alat bantu jalan selama beberapa minggu setelah operasi. Sangat penting untuk melakukan latihan lutut dan menghadiri latihan fisioterapi untuk mendapatkan hasil operasi anda.

Sebagian besar pasien dapat berkendara enam minggu setelah penggantian lutut. Anda disarankan untuk melakukan penerbangan setidaknya enam minggu setelah operasi untuk mengurangi resiko pembekuan darah di kaki (deep vein thrombosis) atau paru-paru (pulmonary embolism). Pasien yang menjalani UKR kadang-kadang dapat kembali bekerja pada enam minggu atau lebih awal tergantung pada jenis pekerjaan mereka. Pasien yang menjalani TKR perlu waktu lebih lama untuk pulih - rata-rata antara enam hingga dua belas minggu dalam pengalaman saya, meskipun ada pengecualian.

Pada hari-hari dan minggu-minggu setelah operasi, Anda akan ditindaklanjuti di klinik, untuk memantau kemajuan Anda, kesejahteraan umum dan untuk memantau setiap komplikasi yang mungkin terjadi.

Tujuan saya adalah untuk memulihkan cedera anda dan mengembalikan fungsi alat gerak tubuh Anda melalui penggantian sendi. Meskipun perlu beberapa waktu dan upaya untuk pulih, sebagian besar pasien dapat mencapai hasil yang sangat baik.

Anda Mengalami Nyeri Dari Cedera ?

Dr Alan Cheung adalah Dokter Bedah Ortopedi dengan spesialisasi cedera akibat olahraga seperti ligamen atau otot robek, cedera tulang rawan pada persendian lutut, pinggang dan bahu. Rekonstruksi Persendian untuk orang dewasa meliputi penggantian lutut menyeluruh atau sebagian dan penggantian pinggul menyeluruh karena osteoarthritis, dan juga operasi dengan robot (sistem Makoplasti, Navio dan Robodoc). Beliau juga berpengalaman menangani trauma (pengobatan patah tulang) dan bedah tumor musculoskeletal (kanker tulang).

Top