ProsedurPembedahan Meniscal Lubang Kunci

Apa itu Meniskus?
Meniskus adalah jaringan seperti bantalan pada sendi lutut. Ada dua meniskus berbentuk sabit di lutut - satu di dalam (medial) dan di luar (lateral) dari sendi lutut. Mereka berada di atas tulang kering (tibia) dan fungsinya adalah untuk melindungi tulang rawan yang melapisi sendi lutut, dengan menyerap tekanan di lutut selama berjalan, berlari dan berolahraga.

Bagaimana meniskus terluka?
Cedera Meniskus akut paling sering terjadi akibat lutut yang memelintir sewaktu aktivitas olahraga yang membutuhkan perubahan arah yang tiba-tiba seperti sepak bola, bola basket, dan rugby, cedera meniskal sering terjadi. Pada pasien yang lebih tua, robekan meniscus faktor degeneratif terjadi pada pasien yang lebih tua dengan cedera minimal.

Bagaimana saya tahu ketika Meniskus saya cedera?
Jika Anda melukai meniskus Anda bermain olahraga, Anda akan sering merasakan 'letusan' dan rasa sakit tiba-tiba di lutut Anda. Terkadang Anda bisa terus bermain dan hanya beberapa jam kemudian lutut akan membengkak. Saya melihat pasien dengan cedera meniskus tidak dapat sepenuhnya meluruskan atau menekuk sendi lutut mereka (disebut lutut 'terkunci'), karena ujung robek meniskus tersangkut di antara tulang paha dan tulang kering, dan ini bisa sangat menyakitkan.

Bagaimana dokter bedah akan memeriksa lutut saya?
Melalui menanyakan kronologis penyebab secara cermat (mengajukan pertanyaan yang relevan) dan pemeriksaan menyeluruh dari sendi lutut. Anda mungkin diminta menjalani X-ray dan pemindaian MRI pada sendi lutut Anda.

Apakah saya perlu operasi?
Tergantung. Jika Anda tidak dapat sepenuhnya meluruskan atau menekuk lutut Anda (sendi lutut ‘’terkunci’’), mengalami sakit parah, atau telah melukai struktur lain di lutut Anda seperti ligamen (ACL) maka Anda harus dioperasi.

Operasi seperti apa yang akan saya dapatkan?
Semua operasi kecil dengan anestesi (Anda akan dibius selama operasi). Operasi ini dilakukan dengan membuat 2 - 3 sayatan kecil di bagian depan lutut. Beberapa jenis robekan dapat diperbaiki (perbaikan meniscal) sementara yang lain mengharuskan bagian yang robek untuk dibuang (meniscectomy parsial). Kedua metode memiliki hasil yang relatif memuaskan. Pembedahan biasanya memakan waktu kurang dari satu jam dan kebanyakan pasien dapat pulang pada hari yang sama.

Seperti apa pemulihannya?
Anda mungkin memerlukan kruk dan penyangga selama beberapa minggu. Sayatan bedah membutuhkan waktu 2 minggu untuk sembuh. Kebanyakan orang dapat kembali bekerja setelah 2 minggu tergantung pada jenis pekerjaan mereka. Anda perlu mengikuti program fisioterapi untuk memperkuat lutut Anda. Sebagian besar dapat kembali berolahraga setelah 12 minggu, tergantung pada jenis olahraga dan tingkat kompetisi.

Anda Mengalami Nyeri Dari Cedera ?

Dr Alan Cheung adalah Dokter Bedah Ortopedi dengan spesialisasi cedera akibat olahraga seperti ligamen atau otot robek, cedera tulang rawan pada persendian lutut, pinggang dan bahu. Rekonstruksi Persendian untuk orang dewasa meliputi penggantian lutut menyeluruh atau sebagian dan penggantian pinggul menyeluruh karena osteoarthritis, dan juga operasi dengan robot (sistem Makoplasti, Navio dan Robodoc). Beliau juga berpengalaman menangani trauma (pengobatan patah tulang) dan bedah tumor musculoskeletal (kanker tulang).

Top