PROSEDUR

Operasi Bahu Beku

Frozen Shoulder Surgery

Apa itu Bahu Beku?

Bahu beku, juga dikenal sebagai capsulitis perekat, adalah kondisi peradangan yang mempengaruhi sendi bahu. Ini terjadi ketika jaringan ikat yang mengelilingi sendi bahu, yang disebut kapsul sendi, menjadi meradang dan menebal. Hal ini menyebabkan rasa sakit, kekakuan dan rentang gerak terbatas di bahu.

Apa Saja Tahapan Bahu Beku?

  • Tahap 1: Kekakuan - Tahap ini melibatkan timbulnya nyeri bahu secara bertahap, yang akan dirasakan ketika menjangkau hal-hal dan ketika Anda berbaring di sisi yang terkena di malam hari. Rasa sakit memburuk dari waktu ke waktu dan dapat berlangsung antara 2 sampai 9 bulan.

  • Tahap 2: Pembekuan - Selama tahap ini, nyeri bahu hadir tetapi tidak separah tahap kekakuan. Namun, bahu Anda mungkin menjadi semakin kaku, sehingga sulit untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan rekreasi. Tahap ini biasanya berlangsung 4-12 bulan.

  • Tahap 3: Pemulihan - Pada tahap akhir ini, rasa sakit meningkat pesat dan gerakan bahu kembali secara bertahap. Biasanya memakan waktu dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Bagaimana Bahu Beku Didiagnosis?

Mendiagnosis bahu beku biasanya melibatkan kombinasi menilai riwayat kesehatan Anda, pemeriksaan fisik, dan melakukan tes pencitraan seperti sinar-X, MRI, dan ultrasound. Dokter bedah ortopedi akan memeriksa rentang gerakan dan kekuatan Anda sebelum analisa struktur internal bahu Anda dan merumuskan diagnosis.

Siapa yang Berisiko Mengalami Bahu Beku?

Bahu beku lebih mungkin berkembang pada orang dengan pekerjaan yang melibatkan aktivitas berat berulang atau angkat berat. Wanita lebih mungkin mengalaminya dibandingkan dengan pria, terutama antara usia 40 dan 60 tahun. Kondisi medis tertentu seperti diabetes, gangguan tiroid, dan penyakit kardiovaskular juga dapat meningkatkan risiko mengalami bahu beku.

Bagaimana Bahu Beku Dirawat?

  • Suntikan Kortikosteroid

    Suntikan ini diberikan langsung ke bahu yang terkena, bersama dengan anestesi lokal. Ini membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Namun, itu hanya dapat memberikan pengobatan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

  • Fisioterapi

    Ini melibatkan kerjasama dengan fisioterapis yang akan mengawasi dan membimbing Anda melalui latihan dan peregangan khusus untuk meningkatkan jangkauan gerak, kekuatan, dan fleksibilitas bahu Anda dari waktu ke waktu.

  • Operasi Bahu Beku

    Tindakan bedah untuk bahu beku hanya dipertimbangkan ketika metode konservatif belum terbukti berhasil. Salah satu prosedur umum adalah pelepasan kapsuler arthroscopic, yang termasuk menghilangkan jaringan parut dan kadang-kadang bahkan bagian dari kapsul sendi yang meradang.

Mempersiapkan Operasi Bahu Beku

Anda harus mematuhi instruksi pra operasi seperti puasa sebelum operasi, dan menghindari obat-obatan dan suplemen tertentu untuk sementara. Anda juga harus mengatur transportasi ke dan dari rumah sakit karena efek anestesi dan luka operasi akan mengganggu kemampuan Anda untuk mengemudi.

Apa yang Terjadi Selama Operasi Bahu Beku?

Pertama-tama Anda akan ditidurkan melalui anestesi umum. Dokter bedah kemudian membuat sayatan kecil pada sendi bahu untuk memasukkan arthroscope dan instrumen bedah khusus lainnya. Hal ini memungkinkan ahli bedah untuk memeriksa bagian dalam sendi bahu.

Dokter bedah kemudian akan dengan hati-hati melepaskan kapsul sendi yang menebal dan kencang yang menyebabkan kekakuan dan gerakan terbatas. Ini untuk menciptakan lebih banyak ruang bagi bahu untuk bergerak bebas. Setelah itu, sayatan akan ditutup dan Anda akan dibawa ke ruang pemulihan.

Pulih dari Operasi Bahu Beku

Pemulihan dapat berkisar antara 6 minggu hingga 3 bulan. Dokter Anda akan memberi Anda petunjuk pasca operasi yang dipersonalisasi untuk memfasilitasi penyembuhan yang optimal. Ini termasuk:

  • Mengistirahatkan bahu
  • Jaga luka tetap bersih
  • Minum obat sesuai resep
  • Mengikuti latihan fisioterapi
  • Modifikasi gaya hidup
  • Pemeriksaan lanjutan dengan dokter Anda
Pertanyaan Umum
  • Bisakah bahu beku kambuh setelah operasi?

    Meskipun jarang, bahu beku dapat terjadi lagi. Risiko mungkin lebih tinggi jika seseorang memiliki kondisi medis tertentu seperti cedera bahu sebelumnya, diabetes, atau masalah tiroid.

  • Berapa lama operasi bahu beku berlangsung?

    Seluruh prosedur biasanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam, meskipun kadang-kadang bisa memakan waktu lebih lama jika kasusnya lebih kompleks.

  • Apa yang terjadi jika bahu beku tidak diobati?

    Dalam kebanyakan kasus, bahu beku bisa pulih dengan sendirinya, tetapi biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama. Pengobatan dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan mengurangi gejala.

Mengalami sakit menahun dari bahu beku?

Dipimpin oleh Dr Alan Cheung, International Orthopaedic Clinic menawarkan pelayanan kesehatan menyeluruh berbagai kondisi kesehatan seperti operasi bahu beku. Penangananya termasuk artroskopik kapsular, dimana melingkupi tindakan pengangkatan parut dan bahkan termasuk bagian kapsul sendi yang meradang.

Top