faqPertanyaan Umum

Kapan saya harus ke dokter?
Sebagian besar pasien datang menemui saya ketika mereka merasa sakit dan tidak dapat melakukan aktivitas normal seperti bekerja, berolahraga dan berjalan / berlari. Jika Anda memiliki masalah apa pun tentang tubuh Anda dan cedera, silahkan atur jadwal konsultasi dengan saya.

Haruskah saya terus berolahraga dan menahan rasa sakit?
Saya selalu menyarankan pasien saya untuk mendengarkan tubuh mereka memaksakan diri. Jika Anda telah mencoba metode RICE (Rest, Ice, Compression dan Elevation) dan menggunakan obat penghilang rasa sakit, namun rasa sakit Anda masih berlanjut, maka saya menyarankan Anda ke dokter. Jika anda paksaan berolahraga, justru akan memperparah kondisi cedera.

Apakah saya memerlukan X-ray atau MRI scan?
Sebagian besar pasien membutuhkan proses pemindaian. X-ray dan CT scan berguna untuk mengidentifikasi masalah tulang, sementara pemindaian MRI sangat bagus untuk melihat masalah jaringan lunak (mis. otot, ligamen, tulang rawan).

Apakah saya benar-benar perlu dioperasi?
Tergantung seberapa buruk masalah Anda. Jika Anda memiliki patah tulang yang sangat menyakitkan beresiko lumpuh, maka tindakan operasi harus dilakukan sesegera mungkin.

Untuk masalah yang tidak terlalu parah, mungkin ada baiknya mencoba metode non-bedah seperti obat penghilang rasa sakit dan fisioterapi. Jika gejala Anda tidak membaik atau bahkan memburuk, maka Anda mengambil opsi operasi.

Apakah ada batasan diet setelah operasi?
Biasanya tidak, walaupun saya memperingatkan pasien untuk menghindari obat tradisional / jamu dan obat pengencer darah 2 minggu sebelum operasi, karena ini dapat meningkatkan resiko perdarahan selama dan setelah operasi.

Kapan saya bisa mengemudi dan bepergian setelah operasi?
Tergantung pada jenis operasi dan bagian tubuh mana yang dioperasi. Sebagai contoh, pasien dengan penggantian sendi pinggul dan lutut disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jarak jauh atau mengemudi selama setidaknya enam minggu setelah operasi.

Anda Mengalami Nyeri Dari Cedera ?

Dr Alan Cheung adalah Dokter Bedah Ortopedi dengan spesialisasi cedera akibat olahraga seperti ligamen atau otot robek, cedera tulang rawan pada persendian lutut, pinggang dan bahu. Rekonstruksi Persendian untuk orang dewasa meliputi penggantian lutut menyeluruh atau sebagian dan penggantian pinggul menyeluruh karena osteoarthritis, dan juga operasi dengan robot (sistem Makoplasti, Navio dan Robodoc). Beliau juga berpengalaman menangani trauma (pengobatan patah tulang) dan bedah tumor musculoskeletal (kanker tulang).

Top