Prosedur

Operasi Rotator Cuff

Apa itu rotator cuff?
Rotator cuff adalah 4 otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu (kepala humerus) dan yang mengontrol pergerakan dan stabilitas bahu. Masalah rotator cuff adalah alasan paling umum untuk menemui dokter saat pasien mengeluhkan sakit pada bahu.

Bagaimana rotator cuff terluka?
Pasien muda yang bermain olahraga melempar atau menggunakan raket seperti baseball, tenis dan bulu tangkis, beresiko cedera rotator cuff. Biasanya sobekan kecil dapat terjadi pada urat supraspinatus yang kemudian melebar seiring waktu menjadi sobekan besar. Penyebab cedera lainnya adalah jatuh dengan lengan yang terentang. Pada pasien yang lebih tua rotator cuff tear dapat terjadi tanpa didahului cedera.

Bagaimana saya tahu saya mengalami cedera rotator cuff?
Anda akan mengalami nyeri pada bahu yang menyakitkan saat digerakkan. Biasanya rasa sakit berada di bagian luar pundak, nyerinya memburuk saat mengangkat lengan dan pada malam hari. Tidak kuat saat mengangkat lengan, atau memutar lengan Anda menjauh dari tubuh dengan siku ditekuk.

Dokter Anda harus memeriksa Anda dengan seksama dan anda menjalani tes Xray dan pemindaian MRI untuk bahu Anda.

Apakah saya perlu dioperasi?
Saya biasanya merekomendasikan beberapa metode non-operasi terlebih dahulu seperti pemberian obat penghilang rasa sakit, fisioterapi dan suntikan steroid ke bahu. Mereka yang tidak membaik melakukan tindakan operasi.

Satu kondisi pengecualian, jika robekan otot sudah parah sehingga Anda tidak mampu mengangkat bahu. Dalam hal ini operasi dianjurkan, karena penundaan hanya akan memperburuk cedera.

Apa yang terjadi selama operasi?
Anda akan dibius selama operasi, dan saya membuat beberapa sayatan lubang kunci kecil di bahu Anda. Saya menangani bahu Anda menggunakan kamera (arthroscope). Dengan sayatan kecil, saya menempatkan sekrup kecil (sebagai jangkar) ke dalam tulang. Tali kecil (jahitan) melekat pada jangkar, dan digunakan untuk mengikat otot yang sobek ke posisi yang aman dan stabil. Pembedahan memakan waktu sekitar satu jam dan lengan Anda diberi penopang lengan.

Seperti apa periode pemulihannya?
Sebagian besar pasien pulang pada hari berikutnya, meskipun beberapa cukup baik untuk pulang pada hari yang sama. Program latihan yang Anda harus dijalankan tergantung pada tingkat keparahan cedera dan kondisi jaringan di bahu. Sebagian besar memakai penopang selama sekitar enam minggu. Awalnya Anda mulai dengan latihan pasif, dan berlanjut ke latihan gerakan aktif. Akhirnya Anda melakukan gerakan ringan untuk memperkuat rotator cuff Anda.

Untuk kegiatan sehari-hari yang sederhana, penggunaan siku, pergelangan tangan, dan tangan dengan diperbolehkan, seperti memegang telepon, makan, dan mandi. Anda HARUS menjaga siku di posisi yang sama jika anda sedang tidak menggunakan penopang lengan.

Setelah tiga bulan, sebagian besar pasien dibolehkan menggunakan bahu untuk aktivitas ringan dengan mengangkat tangan sejajar bahu. Pada enam bulan, aktivitas yang intens diizinkan. Diperlukan periode waktu yang lama untuk mendapatkan kembali kekuatan dan stamina di bahu yang cedera.

Tergantung jenis pekerjaan anda, pasien dengan pekerjaan kantoran dapat kembali bekerja sekitar satu minggu, hingga enam bulan untuk pekerjaan atau atau olahraga yang melibatkan pengangkatan beban hingga di atas kepala. Mengikuti program fisioterapi yang diawasi ahli sangat penting untuk mencapai hasil yang baik.

Anda Mengalami Nyeri Dari Cedera ?

Dr Alan Cheung adalah Dokter Bedah Ortopedi dengan spesialisasi cedera akibat olahraga seperti ligamen atau otot robek, cedera tulang rawan pada persendian lutut, pinggang dan bahu. Rekonstruksi Persendian untuk orang dewasa meliputi penggantian lutut menyeluruh atau sebagian dan penggantian pinggul menyeluruh karena osteoarthritis, dan juga operasi dengan robot (sistem Makoplasti, Navio dan Robodoc). Beliau juga berpengalaman menangani trauma (pengobatan patah tulang) dan bedah tumor musculoskeletal (kanker tulang).

Top